Minggu, 29 April 2012

Aturan Pergelaran Tari Seudati

Seudati ditarikan oleh delapan orang laki-laki sebagai penari utama, terdiri atas  satu orang pemimpin yang disebut syeikh, satu orang apeet syeh (pembantu syeikh), dua orang apeet (pembantu) di sebelah kiri yang disebut apeet wie, satu orang pembantu di belakang yang disebut apeet bak, dan tiga orang pembantu biasa. Selain itu, ada pula dua orang vokalis  sebagai pengiring tari yang disebut aneuk syahi. Jenis tarian ini tidak menggunakan alat musik, tetapi hanya membawakan beberapa gerakan, seperti tepukan tangan ke dada dan pinggul, hentakan kaki ke tanah dan petikan jari. Gerakan tersebut mengikuti irama dan tempo lagu yang dinyanyikan. Busana yang digunakan terdiri atas  celana panjang dan kaos oblong lengan panjang yang ketat, keduanya berwarna putih; kain songket yang dililitkan sebatas paha dan pinggang; rencong yang disisipkan di pinggang; tangkulok (ikat kepala) yang berwarna merah. Busana seragam ini hanya untuk pemain utamanya, sementara aneuk syahi tidak harus berbusana seragam.
Sesi-sesi dalam pertunjukan seudati terdiri atas  saleum aneuk syahi. Pada  sesi ini aneuk syahi mengawali dengan salam serta penghormatan kepada pembesar-pembesar, panitia, dan syeikh dari pihak lawan. Saleum syeikh biasanya hanya penghormatan singkat serta perkenalan. Sesi selanjutnya adalah likok (gaya; tarian), sesi ini tanpa suara vokal, hanya terdengar keutip jaroe, tepukan dada dan tepukan tangan. Sesi ini juga bagian dari improve atau singkup untuk memasuki sesi saman. Biasanya dalam saman dibawakan lagu sillahi lahe.  Selain mempersembahkan tarian atau likok dalam permainan seudati juga ada bagian kisah (story) Pansi, lani, dan gambus sebagi penutup
Babak pertama, diawali dengan saleum (salam) perkenalan yang diucapkan oleh aneuk syahi saja, yaitu:  Assalamualaikom bang payong le gom lon. ha la lon ha la lon lon tamong..g..g.gg..lon tamoeng lam seung bintang buluen le lon jak.halajak..halajak..jak mubriee..jak mubri saleum nek buleun le lom keu.halakeu..halakeu.keu..keu jameeeee..keu jamee teuka syedara le lem lom ja..la ja deeh malam nyoe sambinoe lon bi keugata.
Fungsi aneuk syahi untuk mengiringi serta mengimbangi dengan tempo setiap gerak dalam rangkaian tari. Selanjutnya syeikh menyapa dengan salam juga yang berbeda.
Salam..salam alaikom lon ta.haaa monggg.lam seunggg..jak mubri sahaleum keu Syair di atas diulangi oleh kedua apeet wie dan apeet bak. Dalam sesi salam dan perkenalan ini, delapan penari hanya melenggokkan tubuhnya dalam gerakan gemulai, peeh dada (tepuk dada) serta keutip (jentikan jari) yang mengikuti gerak irama lagu secara serentak. Gerakan rancak baru terlihat ketika memasuki babak selanjutnya. Bila seudati tunang, maka setelah kelompok pertama ini menyelesaikan babak pertama, akan dilanjutkan oleh kelompok kedua dengan teknik yang berbeda pula.

Setelah sesi salam dan sapa selesai kelompok pertama akan turun dari pentas. Babak kedua, dimulai dengan bak saman, seluruh penari utama berdiri dengan membuat gloung (lingkaran di tengah-tengah pentas) sambil bermufakat likok apa saja yang akan dimainkan. Bentuk lingkaran ini menyimbolkan bahwa masyarakat Aceh selalu mupakat (bermusyawarah) dalam mengambil segala keputusan. Dalam sesi likok dipertunjukkan keseragaman gerak, kelincahan bermain dan ketangkasan yang sesuai dengan lantunan lagu yang dinyanyikan aneuk syahi. Seluruh penari utama akan mengikuti irama lagu yang dinyanyikan dengan beat cepat atau lambat tergantung dari tempo lantunan yang dibawakan oleh aneuk syahi. Sesi selanjutnya adalah saman. Dalam sesi ini beragam syair dan pantun saling disampaikan dan terdengar bersahutan antara aneuk syahi dan syeikh yang diikuti oleh semua penari. Jika Syeikh mengucapkan walahuet ka sineut apet ee kataheeee..hai syam, aneuk syahi akan menjawab:
lom kameuhijoe-hijoe naleung samboe leubehh lom hijo naleung beulanda.
Unsur humor atau lawak dalam istilah seudati disebut lanie untuk penutup sesi, sambil memperbaiki formasi yang sebelumnya sudah tidak beraturan, setelah itu dilanjutkan dengan Kisah. Dalam sesi ini seluruh pemain mengambil posisi rest (istirahat sejenak), sementara aneuk syahi melantunkan syair yang mengisahkan kehidupan masyarakat, sejarah Aceh dan perkembangan suatu negeri, yang dapat kita simak melalui syair berikut ini:
Aceh Utara cahya gemilang..Aron Blang Lancang teudong LNG..Pabrek Pupuk PIM ngen Asean.Bak Bineeh Jalan teudoeng meubanja.
Terjemahannya kira-kira seperti ini: “Aceh Utara sangat gemilang. PT Arun di Blang Lancang dibangun Kilang LNG,  Pabrik Pupuk PIM dan Asean. Di pinggiran  jalan berdiri berjejer.”
Ca’e panyang atau Kisah sesekali Aneuk syahi juga selain memuji kemegahan dalam pembangunan juga mengeritik pabrik yang tidak memperhatikan masyarakat sekitar seperti dalam syair berikut ini:
Tapi sayang siribee sayang, ureng Blang Lancang ka taheu mata. Artinya, sungguh sayang seribu kali sayang, orang Blang Lancang hanya jadi penonton saja. Di babak akhir Seudati juga dibumbui dengan Gambus, biasanya lagu-lagu bernafaskan Islam, bisa lagu melayu atau arab, tidak meski lagu Aceh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar